Berita Terbaru
light_mode
Trending Topik
Beranda » Gaya Hidup » Jangan Asal Minum Kopi! Studi Terbaru Ungkap Waktu yang Dikaitkan dengan Umur Lebih Panjang

Jangan Asal Minum Kopi! Studi Terbaru Ungkap Waktu yang Dikaitkan dengan Umur Lebih Panjang

  • account_circle RedaksiMedia
  • calendar_month Minggu, 28 Jun 2026
  • print Cetak

Manado, MEDIAALTERNATIF.ID – Minum kopi ternyata bukan sekadar soal menambah energi atau menikmati cita rasa. Waktu mengonsumsi kopi juga disebut berpengaruh terhadap kesehatan dan potensi umur panjang seseorang.

Hal tersebut terungkap dalam studi terbaru yang dipublikasikan di European Heart Journal. Penelitian itu menemukan bahwa konsumsi kopi pada pagi hari berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terutama akibat penyakit jantung.

banner 336x280

‎”Ini adalah studi pertama yang mengevaluasi pola waktu konsumsi kopi dan dampaknya terhadap kesehatan,” ujar peneliti utama sekaligus Direktur Pusat Penelitian Obesitas di Tulane University, New Orleans, Dr. Lu Qi, seperti dikutip dari CNN International.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti membandingkan dua pola konsumsi kopi, yakni hanya pada pagi hari dan sepanjang hari. Hasilnya menunjukkan bahwa peminum kopi pagi memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan mereka yang mengonsumsi kopi hingga siang atau malam hari.

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali, kelompok yang hanya minum kopi di pagi hari tercatat memiliki risiko kematian dini akibat berbagai penyebab 16% lebih rendah. Selain itu, risiko meninggal akibat penyakit kardiovaskular juga 31% lebih rendah.

Sebaliknya, kelompok yang mengonsumsi kopi sepanjang hari tidak menunjukkan penurunan risiko yang signifikan. Temuan tersebut tetap konsisten setelah para peneliti memperhitungkan berbagai faktor lain, mulai dari pola tidur, usia, jenis kelamin, ras dan etnis, tingkat pendapatan, pendidikan, aktivitas fisik, kualitas pola makan, hingga kondisi kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Peneliti menduga salah satu penyebabnya adalah konsumsi kopi pada sore atau malam hari berpotensi mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Gangguan terhadap siklus alami tersebut diyakini dapat memengaruhi berbagai fungsi penting tubuh yang berkaitan dengan kesehatan jangka panjang.

Menariknya, manfaat yang ditemukan dalam studi ini tidak hanya berlaku untuk kopi berkafein. Peneliti juga menemukan bahwa kopi tanpa kafein memberikan manfaat serupa selama dikonsumsi pada pagi hari.

Meski demikian, para ahli mengingatkan bahwa hasil penelitian ini belum dapat membuktikan hubungan sebab-akibat secara langsung. Studi tersebut bersifat observasional, sehingga hanya menunjukkan adanya keterkaitan antara waktu minum kopi dan risiko kesehatan.

‎”Penelitian ini bersifat observasional, bukan eksperimen yang merupakan standar emas,” kata ahli gizi terdaftar sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Vanessa King, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Dengan demikian, meski temuan ini memperkuat bukti mengenai manfaat kopi bagi kesehatan, diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan apakah kebiasaan minum kopi di pagi hari memang secara langsung berkontribusi terhadap umur yang lebih panjang.

(cnbc) 

  • Penulis: RedaksiMedia

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Mendagri Tito Karnavian memberi keterangan pers terkait retret kepala daerah di Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (22/2/2025). (foto : Beritasatu.com)

    Tito : Retret Kepala Daerah Melatih Kedisiplinan

    • calendar_month Minggu, 23 Feb 2025
    • account_circle RedaksiMedia
    • 0Komentar

    Magelang, MEDIAALTERNATIF.ID – Tito Karnavian menegaskan retret kepala daerah di Akademi Militer (Akmil), Magelang bukan belajar militeristik, namun melatih kedisiplinan. “Nah, kita belajar dari Akmil bukan soal militeristiknya, tetapi ada nilai-nilai penting yang juga berlaku di dalam dunia kehidupan swasta, soal disiplin, tepat waktu,” kata Tito saat ditemui seusai membuka retret pembekalan kepala daerah di […]

  • Luar Biasa, dr Terawan Hadir di RSUD ODSK. Gubernur YSK Diapresiasi Warga

    Luar Biasa, dr Terawan Hadir di RSUD ODSK. Gubernur YSK Diapresiasi Warga

    • calendar_month Sabtu, 19 Jul 2025
    • account_circle RedaksiMedia
    • 0Komentar

    Manado, MEDIAALTERNATIF.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah komando Gubernur Yulius Selvanus terus mewujudnyatakan kepedulian terhadap masyarakat, terlebih khusus di bidang kesehatan. Peran penting Gubernur Yulius, kini RSUD Sulawesi Utara hadir teknologi canggih Digital Subtraction Angiography (DSA) yang menjadi andalan dalam penanganan stroke. ‎”Dalam kesempatan ini, kita kehadiran Prof. Dr. Terawan Agus Putranto. […]

  • Koordinator JPPR Sulut, Pascal Wilmar Yehezkiel Toloh

    Lakukan Pemantauan Pungut Hitung Suara di Pilkada, JPPR Sulut Temukan Berbagai Dugaan Pelanggaran

    • calendar_month Sabtu, 30 Nov 2024
    • account_circle RedaksiMedia
    • 0Komentar

    Manado, MEDIAALTERNATIF.ID – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sekretariat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pemantauan pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada di Sulut. Pemantauan yang dilakukan di Kabupaten/Kota ini melibatkan 91 orang relawan dan dilakukan sejak pemungutan suara dibuka pukul 07.00 wita sampai ditutup pukul 13.00 wita, dan dilanjutkan dengan penghitungan suara. JPPR […]

  • Gedung Polda Sulut, insert Advokat Eka Diky Mantik, S.PAK., LL.B., LL.M

    Skandal KTP Palsu Rp7 Juta di Dealer Mobil Manado, Dicky Mantik Desak Polda Sulut Usut Tuntas!

    • calendar_month Jumat, 17 Jul 2026
    • account_circle RedaksiMedia
    • 0Komentar

    Manado, MEDIAALTERNATIF.ID – Dugaan sindikat pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang melibatkan oknum karyawan dealer mobil di Kota Manado terus menggelinding di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulawesi Utara. Kasus yang memicu sorotan publik ini memosisikan aparat kepolisian dalam ujian profesionalisme untuk membongkar praktik culas yang merugikan konsumen. ‎Kasus ini resmi naik ke meja […]

  • Proses evakuasi korban Noel Lasut, Jumat (20/12/2024), (foto : ist)

    Korban Tenggelam di Pantai Bahu Ditemukan Meninggal, Operasi Pencarian Resmi Ditutup

    • calendar_month Jumat, 20 Des 2024
    • account_circle RedaksiMedia
    • 0Komentar

    Manado, MEDIAALTERNATIF.ID – Setelah sehari pencarian intensif, korban bernama Noel Lasut, warga Sea Kabupaten Minahasa, akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada hari ini, Jumat (20/12/2024). Jasadnya ditemukan sekitar 10 meter dari lokasi kejadian pada pukul 11.00 Wita. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Manado, George Mercy Randang, S.IP., M.A.P., mengonfirmasi penemuan tersebut oleh […]

  • Komitmen Dukung Literasi Pariwisata, Stafsus Gubernur Dr. Drevy Sumbangkan Buku Karya Sendiri ke Perpustakaan Daerah

    Komitmen Dukung Literasi Pariwisata, Stafsus Gubernur Dr. Drevy Sumbangkan Buku Karya Sendiri ke Perpustakaan Daerah

    • calendar_month Rabu, 4 Jun 2025
    • account_circle RedaksiMedia
    • 0Komentar

    Manado, MEDIAALTERNATIF.ID – Upaya membangkitkan semangat literasi di Sulawesi Utara (Sulut) kembali mendapat dukungan nyata. Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata, Dr. Drevy Malalantang, secara resmi menyerahkan sejumlah buku karyanya kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Teresia Tendean Sompie, SH, M.Si. Penyerahan buku bertema Pariwisata dilakukan disela kegiatan rapat harmonisasi misi […]

expand_less